Garis besar
Permainan
ini mengamati manfaat brainstorming terhadap
sekelompok peserta dalam mengatasi masalah yang diberikan.
Tujuan
1.
Mengembangkan
kemampuan memecahkan masalah.
2. menghasilkan
sebanyak mungkin ide dari sekelompok orang dengan menggunakan tekhnik brainstorming.
3. Memperkenalkan
dan menerapkan sinergi.
Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit (tergantung tipe masalah yang
diberikan).
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke
dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
Materi
yang dibutuhkan
Kertas flipchart dan spidol untuk masing-masing subkelompok.
Prosedur
1.
Bagi peserta menjadi tim yang
terdiri dari 5-7 peserta.
2.
Berikan sebuah masalah kepada
tim untuk diatasi. Masalah tersebut bisa berupa masalah yang berhubungan dengan
pekerjaan atau masalah imajiner. Misalnya, bagaimana mendapatkan lebih banyak
pelanggan untuk toko kita? Atau bagaimana caranya menjual es kepada orang
Eskimo?
3.
Peraturan:
Masing-masing
tim harus memilih seorang juru tulis.juru bicara. Juru tulis ini harus menggali
ide sebanyak mungkin dari anggota timnya selama 10-15 menit. Tidak ada diskusi
pendapat selama 10-15 menit tersebut.
Juru tulis diminta untuk mendorong anggota timnya mengeluarkan ide
apapun meski menggelikan atau tidak masuk akal.
Setelah 10-15 menit habis, masing-masing tim harus mengevaluasi
setiap ide yang dihasilkan timnya. Lalu memutuskan tiga ide terbaik. Setelah
memperoleh kesepakatan, masing-masing juru bicara harus mempresentasikan hasil
yang diperoleh timnya kepada seluruh peserta.
Setelah masing-masing tim mempresentasikan idenya, seluruh peserta
kemudian harus memutuskan satu ide terbaik yang telah disebutkan.
Poin
diskusi
1.
Tim mana yang memiliki ide
paling banyak? Mengapa?
2.
Apakah setiap orang terkejut dengan
jumlah ide yang dihasilkan?
3.
Apakah ide aneh dan menggelikan
dapat mengarahkan peserta untuk menggali lebih banyak ide produktif?
4.
Siapa yang memiliki masalah
dengan konsep tidak ada diskusi pada saat pertama ide dikeluarkan?
5.
Anggota kelompok mana saja yang
memberikan semangat kepada anggota lain untuk mengeluarkan lebih banyak ide?
Variasi
1.
Jika peserta memiliki masalah
yang sama, dapat digunakan dalam latihan ini.
2.
Masing-masing tim dapat
diberikan masalah yang berbeda untuk diatasi.
0 komentar:
Posting Komentar